Nimas Anggun Gilang Kusumawangi
Keperawatan 2
SMK KESEHATAN VISI GLOBAL
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat, taufik dan hidayatnya sehingga makalah ini berguna bagi kita semua.
Melalui makalah ini, penulis berusaha meyajikan materi dengan berbagai hal, keritik
dan saran untuk mempermudah rekan-rekan siswa dalam mencapai proses belajar.
Pemanfaatan makalah ini, untuk mempermudah siswa dalam proses belajar.
Akhirnya dengan penuh kerendahan hati, penulis sadari bahwa laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan, sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan
makalah ini sangat di harapkan.
Akhir kata semoga
makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita, mohon maaf jika ada kesalahan
kata atau kalimat, sekian dan terima kasih.
Cluring, 03
Maret 2014
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang
disediakan dalam Microsoft Office2007.
Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki
beberapakeunggulan dan kemudahan
dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya menulis
document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.Microsoft
word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versisebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini
saya akan menjelaskan tentang bagaimanamemaksimalkan penggunaan
Microsoft word 2007 versi Windows XP.
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi
spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling
banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk
Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari
excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan
agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih
mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting
adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian,
Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya
kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
B. TUJUAN
1. Menetahui Sejarah Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint
2. Mengetahui definisi dan fungsi Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft
PowerPoint
3. Mengetahui cara menggunakan Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft
PowerPoint dengan baik dan benar
C. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaibana Sejarah
Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint?
2. Apa definisi
Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint?
3. Bagaimana cara
menggunakan Mikcrosoft Word, Mikcrosoft Excel dan Mikcrosoft PowerPoint dengan
baik dan benar?
BAB 1
PEMBAHASAN
MICROSOFT WORD
A. Sejarah Microsoft Word
Sejarah
panjang perjalanan Microsoft office hingga saat ini, bayak perubahaan dan
penambahan fasilitas. Sejak pertama kali di luncurkan tanggal 30 Agustus 1992.
Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft office versi 3.0 pada
versi tersebut Microsoft office menyertakan Microsoft word sebagai pengola
kata, Microsoft excel sebagai pengolahan angkan, Microsoft powerpoint digunakan
sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft mail digunakan untuk
menerima dan mengirim email.
Setelah
popular dengan Microsoft office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft kembali
meluncurkan Microsoft office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan
system operasi Microsoft windows 95. Pada system operasi ini merombak total
windows versi 3.1 dan windows 3.11.
Sejalan dengan perkembangan system Microsoft
windows, Microsoft office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus
digandrungi serta digunakan oleh sebagai besar masyarakat computer di dunia
termasuk di Indonesia.
Sampai pada
tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft office dan
sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran
modern. Beberapa versi dari Microsoft office yang masih bayak digunakan saat
ini antaralain Microsoft office 2000, Microsoft office XP 2002 dan Microsoft
office 2003. Pada kenyataanya sampai saat ini masih bayak kemampuan Microsoft office
2003 masih belum tersentuh oleh pemakayannya. Namun sejalan dengan perkembangan
teknologi dan system operasi yang juga terus berkembang.
Microsoft
word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolahan kata (word processor)
buatan Microsoft corporation MS. Word 2007 merupakan hasil perkembangan
beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly da sudah
menggunakan ribbon sebagai standar baru alam menampilkan menu-menu tool.
Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa
mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
B.
Pengertian Microsoft Word 2007
Microsoft
word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003
microsoft word 2007 memiliki beberapakeunggulan
dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya
menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih
baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih
baik dari versisebelumnya yaitu word 2003.
Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimanamemaksimalkan
penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.
1. Klik menu
start pada taskbar
2. Klik all
programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007
- Mengenal jendela word :
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang
sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu.
Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page layout, Resferences, Mailings, Review, dan view.
1.1 Home
Home
merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word2007.
Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan
paragraph, styledan editing serta clipboard.
1.2 Insert
Menu insert terdiri dari : Pages,
Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
1.3 Page Layout
Menu page layout terdiri dari :
Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
1.4 References
Refences terdiri dari : Table of contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities
1.5 Mailings
Mailings terdiri dari : create,
start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
1.6 Review
Review terdiri dari : proofing
Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
C.
Fungsi Tombol Keyboard Komputer
Fungsi tombol -tombol yang ada pada keyboard komputer - Sebelumnya dalam blog ini juga pernah dibahas tentang fungsi tombol Ctr dari A hingga Z namun untuk tombol2 lain
seperti Alt, Shift , F1 hingga F12 .
Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Hanging Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Left Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Hanging Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Left Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X :
Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 :
Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu
F1 :
Menjalankan fungsis pertolongan yang disediakan pada Word
F2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As
F2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As
Esc : Membatalkan dialog /
perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kurosr ke awal baris
End : Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke atas
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya
berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar Shift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kurosr ke awal baris
End : Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke atas
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya
berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar Shift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin
Ctrl +
Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya
Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya
Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya
Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya
Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya
Alt + F4 : Menutup item aktif, atau
keluar dari program aktif
Alt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilih
Alt + Spacebar : Buka menu shortcut untuk jendela aktif
Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda
untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan
Alt + Tab : Switch antara item yang terbuka
Alt + Esc : Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka
Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tab
Shift + Tab : Bergerak mundur melalui pilihan
Alt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilih
Alt + Spacebar : Buka menu shortcut untuk jendela aktif
Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda
untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan
Alt + Tab : Switch antara item yang terbuka
Alt + Esc : Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka
Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melalui tab
Shift + Tab : Bergerak mundur melalui pilihan
BAB 2
MICROSOFT
EXCEL
A. Sejarah
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet
yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan
sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan
tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3
does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih
baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk
Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya
menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program
spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis
MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun
mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan
menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi
perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan
Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka
mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya,
rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel
untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara
untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel
menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri
finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama
Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan
dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel"
dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun
demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli
Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama
Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan
huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak
umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua
huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi
default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi
11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007
(versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML
namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika
dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan
antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya,
tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat
lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan
kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi
relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet
pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet
yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel
juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana
hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya
(di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang
keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu,
Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke
dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka
yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel,
yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah
memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk
melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang
dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk
digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft
menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga
memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu,
Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro,
sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan
pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat
berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya
menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan
penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan
oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini
merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai
menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro
dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan
fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro
secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau
mempercayai macro yang dienkripsi dengan
menggunakan sertifikat
digital yang
tepercaya.
B.
Microsoft Excel
Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi
ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan
strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel
sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat
ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis
Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak
versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di
dalam paket Microsoft Office System 2007.
C. Elemen pada Microsoft
Excel 2007
Pada saat
Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini,
Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas
data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.
Gambar
berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel 2007, yaitu jendela
workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size
button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet,
baris status, dan zoom.
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu
kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi
instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi
perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol
tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
- New, merupakan perintah untuk
menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik
pada ikon ini.
- Open, merupakan perintah untuk membuka
dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk,
CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
- Save, merupakan perintah untuk
menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang
sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM,
USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
- Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
Keterangan:
- Excel
Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan
Microsoft Excel 2007.
- Excel
Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja
sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja
ke format lain.
- Excel
Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa
format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
- Excel
97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang
sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
- Find
add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari
dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain,
misalnya ke format PDF atau XPS.
- Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
d. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
- Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela
ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali
klik pada ikon di taskbar.
- Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
- Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran
yang lebar.
- Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
e. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
f. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Keterangan :
- Tombol Cancel
digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
- Tombol Enter
digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan
sebelumnya.
- Tombol
Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam
sel.
g. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
h. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
i. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
- Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung
dokumen ke atas atau ke bawah.
- Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung
layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
k. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
l. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar,
mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk
mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat
membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling
sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang,
jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang
lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik
atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan
pada paparan di bawah ini
D.
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell :
merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter
(max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh :
cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari
256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256
worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan
mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address
dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh
: A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika
dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell
lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang
dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan
berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan
dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan
alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1
dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif
saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri
formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
E. Menulis
Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Penutup
Jadi
kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan
Microsoft Word dan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian
sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah
yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan. Microsoft
Word dan Microsoft Excel.
0 komentar:
Posting Komentar